Gandeng Ridwan Kamil, Film Animasi Riki Rhino Siap Tayang Mulai 27 Februari 2020



Film animasi terhitung jarang nangkring di layar lebar. Bahkan termasuk yang jarang sekali diproduksi oleh sineas Indonesia. Dalam setahun, film animasi bisa saja nihil jumlahnya. Beruntung di tahun ini, ada film animasi Titus: Mystery of The Enigma yang mengawali dan tayang pada Januari 2020.

Kemunculan film Titus: Mystery of The Enigma, akan disusul dengan film animasi lain berjudul Riki Rhino yang akan tayang pada Februari 2020.

Riki Rhino diproduksi oleh Batavia Pictures yang pernah sukses membuat film Petualangan Singa Pemberani. Dan melalui Riki Rhino, Batavia Pictures mengembangkan karakter baru seekor badak Sumatera bernama Riki. Film ini dikemas dalam petualangan bersama rekan-rekan satwa langka lainnya melawan para pemburu hewan dan pelaku penebangan liar.

Erwin Budiono, sang sutradara, mengatakan bahwa proses pembuatan film Riki Rhino memakan waktu kurang lebih empat tahun, mulai riset hingga pembangunan aset, produksi, hingga post produksi. Selain itu, menurut Erwin, pemilihan cast sebagai dubber juga menjadi aspek yang penting, karena mereka akan menyuarakan pesan dalam film ini kepada masyarakat Indonesia. Jadi, mereka yang mengisi suara harus punya visi dan misi yang selaras dengan film Riki Rhino.

Adalah Hamish Daud, aktor yang terpilih mengisi suara karakter Riki, sang tokoh utama. Selain Hamish, beberapa aktor lain yang berpartisipasi adalah Ge Pamungkas, Niken Anjani, Mo Sidik, dan Dimas Danang.
 


Tapi yang paling menarik adalah kehadiran Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Batavia Pictures menggandeng Ridwan Kamil untuk mengisi suara salah satu karakter tentu bukan tanpa alasan.

Genesis Timotius, salah satu produser Riki Rhino, mengungkapkan bahwa studio animasi Batavia Pictures berada di Bandung dan sebagian besar animatornya adalah warga Jawa Barat. Dengan adanya film Riki Rhino diharapkan menjadi titik awal kemajuan industri kreatif di Jawa Barat. Oleh karena itulah, Batavia Pictures menggandeng Ridwan Kamil yang memang dikenal sangat aktif mendukung industri kreatif khususnya perfilman.

Ditemui di XXI Ciwalk pada Kamis, 20 Februari 2020, Ridwan Kamil pun menyampaikan dukungannya secara langsung atas selesainya film Riki Rhino ini.

"Potensi kreator dalam negeri untuk ekonomi besar sekali. Untuk animasi, khususnya di Jawa Barat, saya harap bisa lebih banyak melahirkan karya yang berguna bagi banyak pihak, termasuk lingkungan tempat kita hidup. Saya berperan sebagai Grada, seekor burung yang kalau di Jawa Barat ada lagunya Manuk Dadali, akhirnya bisa kita ceritakan bagaimana bentuknya dengan cara yang mudah dan menyenangkan melalui film Riki Rhino"


Film Riki Rhino yang juga didukung oleh Larutan Penyegar cap Badak dari Sinde siap tayang di bioskop mulai tanggal 27 Februari 2020. 

Dan film ini cocok ditonton oleh semua umur lho.