Untuk informasi dan aktivitas FFB terkini, tonton video terbaru di Channel Youtube kami. Subscribe Here!

Para Pemenang Film Impor Terpuji Festival Film Bandung Ke-32 Tahun 2019, Mengapa Terpuji?


Oleh Ardityo Danoesoebroto Ssi, MT. & Arya Pratama Putra


Berikut adalah film-film impor terpuji beserta alasannya mengapa terpuji edisi Festival Film Bandung Ke-32 Tahun 2019, alasan dan mengapa terpuji dijelaskan secara singkat saja. Tahun ini kami memberi pujian kepada 10 film impor yang disortir dari 50 judul film impor (https://bit.ly/30cA9sp) pilihan pengamat dari total 213 judul (https://bit.ly/2ZnJ61W) sepanjang periode pengamatan 1 September 2018 – 31 Juli 2019 yang beredar di hanya bioskop Bandung.



1. Green Book / PG-13 / 2jam 10menit / 2018 / [Biografi Persabahatan Terpuji]
Sutradara : Peter Farrelly

Produksi : Participant Media, DreamWorks, Innisfree Pictures
Dengan topik yang tergolong berat – membahas persoalan ras - film Green Book tidak mengambil pendekatan yang terlalu serius. Melainkan dengan gaya komedi. Penulisan yang kadang nyaris menyerempet garis ‘kartun’ sama sekali tidak mengurangi bobot dan nilai-nilai yang diusung oleh cerita. Menghasilkan perjalanan yang berbobot nan menyenangkan, terlebih karena kita ditemani oleh dua penampilan akting yang luar biasa. Film Green Book yang diangkat dari kisah nyata memberikan harapan bahwa kemanusiaan itu bukan fiksi.

2.  
Avengers: Endgame / PG-13 / 3jam 1menit / 2019 / [Laga Terpuji]
Sutradara : Anthony Russo & Joe Russo

Produksi : Marvel Studios



Tahun lalu pengamat FFB sempat dipertanyakan di IG (https://www.instagram.com/p/BqjZRPsgyFE/) kenapa Avengers: Infinity War (2018) tidak masuk dalam deretan film terpuji. Alasannya simple kami yakin sequel-nya akan lebih baik malahan menjadi film terlaris sepanjang masa, mengalahkan Avatar (Film Impor Petualangan Terpuji tahun 2010) dan nyatanya kami tidak salah. Tidak perlu banyak penjelasanlah mengenai film ini, semua orang nonton dan memasang ekspektasi yang tinggi dan nyatanya juga yang memasang ekspektasi tinggi benar film Avengers: Endgame memuaskan.

3. 
Toy Story 4 / PG / 1jam 40menit / 2019 / [Animasi Petualangan Terpuji]
Sutradara : Josh Cooley

Produksi : Pixar Animation Studios, Walt Disney Pictures

Toy Story 4 mengukuhkan posisi Toy Story sebagai franchise film yang paling konsisten bagusnya. Tidak banyak seri film yang bisa terus hadir menghibur sembari memberikan pesan yang baik dan penuh emosi. Toy Story 4 hadir dengan visual menawan, tokoh-tokoh yang amat mengundang simpati, cerita petualangan yang serunya juga dapat dengan mudah dicerna oleh berbagai lapisan umur. Dan di saat bersamaan, film ini mengandung banyak filosofi dan bahasa perlambangan soal cinta dan melepaskan. 



4.  
Spider-Man: Into the Spider-Verse / PG / 1jam 57menit / 2018 / [Animasi Laga Fantasi Terpuji]
Sutradara : Bob Persichetti, Peter Ramsey, Rodney Rothman             

Produksi : Sony Pictures Entertainment, Columbia Pictures, Marvel Entertainment

Menceritakan kisah Miles Morales, Ketika Miles yang menjadi manusia laba-laba di universe-nya, dia mendapati bertemu dengan berbagai versi dari manusia laba-laba dari alam parallel semesta yang lain. Sekarang mereka semua bekerja sama untuk mengakhiri suatu ancaman bahaya yang dapat menghancurkan semesta jagad ini.  Bak sebuah buku komik animasi dengan palette warna yang luar biasa kaya dan artistik digital yang stylish dan sangat memanjakan mata ditambah cerita yang fantasi yang fresh. Menjadikan film ini terpuji untuk animasi bergenre laga sekaligus fantasi selain Toy Story 4.

5.  
US / R / 1jam 56menit / 2019 / [Horror Misteri Terpuji]
Sutradara : Jordan Peele         

Produksi : Monkeypaw Productions, Dentsu, Fuji Television Network, Universal Pictures

Meskipun sebenarnya ditujukan untuk Amerika, namun horor terbaru garapan komedian pemenang Oscar Jordan Peele juga bertindak hebat sebagai cermin buat melihat refleksi mengerikan kehidupan sosial kita yang terkotak-kotak. Us hadir sebagai horor murni yang menghujamkan kengerian tentang kesempatan dan hak istimewa lewat teror dari kembaran jahat. Kemudian Peele mewarni ceritanya dengan warna-warni komedi. Sehingga Us menjelma menjadi horor yang mengasyikkan sekaligus memantik diskusi.



6.  
Bohemian Rhapsody / PG-13 / 2jam 14menit / 2018 / [Biografi Musikal Terpuji]
Sutradara : Bryan Singer           

Produksi : GK Films, New Regency Pictures, Queen Films Ltd., Regency Enterprises


Kisah menghibur dan mengharukan dari salah satu band paling ikonik di dunia, yaitu
Queen dengan Sang frontman,  Freddy Mercury  yang semua orang cintai tetapi tidak semua orang mengetahui ceritanya, film ini dapat menjadi tontonan yang pas dan menyenangkan bagi yang sudah menjadi fans atau belum fans. Rami Malek melakukan performance  yang luar biasa, dia menghidupkan kembali Freddie dan kami berpikir tidak akan ada film yang lebih baik dari ini, peluang seumur hidup untuk menyaksikan seluruh aspek dari film ini yang dieksekusi secara indah dan grande.

7.  
Parasite / R / 2jam 12menit / 2019 / [Drama Komedi Terpuji]
Sutradara : Joon-ho Bong

Produksi : Barunson E&A, CJ Entertainment, TMS Entertainment

Memanfaatkan materi cerdas, permainan akting yang meyakinkan, dan kerja kamera yang membuat kita seperti menyaksikan langsung kejadian demi kejadian, penceritaan drama-komedi-thriller ini bekerja dengan sungguh-sungguh efektif. Film tidak terburu-buru dalam mengembangkan satu demi persatu tokoh-tokohnya yang masing-masing melambangkan dua kubu kelas sosial. Salah satu elemen yang membuat film ini berbeda adalah berani menggunakan bau sebagai simbol, sesuatu yang jarang dilakukan karena tidak gampang membuat adegan yang menyangkut bau bisa konek ke penonton lebih dalam dari sebatas komedi.


8.  
Hotel Mumbai / R / 2jam 3menit / 2018 / [Drama Kesejarahan Terpuji]
Sutradara : Anthony Maras

Produksi : Screen Australia, The South Australian Film Corporation, Thunder Road Pictures

Hotel Mumbai begitu brutal, intens dan thrilling, para pengamat tidak menyarankan ditonton oleh anak-anak atau remaja, orang dewasa pun harus punya perut yang kuat kalau mau tonton film ini. Setelah selesai menonton ini rasanya sedih sekali bagaimana kaum muda dengan sangat mudah dijadikan sasaran dan disesatkan oleh orang-orang jahat untuk melakukan kejahatan untuk menyakiti umat manusia dengan menjadikan agama sebagai alasan. Padahal kenyataannya tidak ada satupun agama yang setuju dengan tindakan-tindakan yang tidak manusiawi.







9.  
Instant Family / PG-13 / 1jam 58menit / 2018 / [Komedi Keluarga Terpuji]
Sutradara : Sean Anders

Produksi : Leverage Entertainment, Paramount Pictures


Lewat Instant Family, sutradara Sean Anders berbagi cerita dan pengalaman suka-duka yang ia alami ketika dirinya memutuskan mengadopsi anak. Nilai kekeluargaan menguar hangat lewat hubungan orangtua asuh dan anak yang unik yang dibawakan oleh permainan akting yang natural. Terbungkus dengan rapi pula oleh pita-pita komedi. Sehingga film akan membuat kita tertawa dan menyeka mata sekaligus.

10. 
Andhadhun / R / 2jam 19menit / 2018 / [Komedi Thriller Terpuji]
Sutradara : Sriram Raghavan

Produksi : Matchbox Pictures, Viacom18 Motion Pictures


Plot yang tak terprediksi, kisah yang gripping, akting yang luar biasa dan komedi hitam adalah Andhadhun, Kisah pianis buta yang tidak sengaja berada di tempat pembunuhan dan apa yang terjadi selanjutnya akan membuat anda terkesima dan tegang dalam cara yang menyenangkan. Menarik perhatian dari awal sampai akhir karena plotnya unik dan menarik dan ketika setiap kali ingin diprediksi selalu salah, twist berikutnya tidak seperti itu. Ketegangan meningkat exponensial seiring film memanjang. Banyak pula humor gelap bertebaran randomly di seluruh film tetapi apik dan pas. Akting Akash (Ayushmann Khurrana) dan Tabu (Simi) luar biasa dan mantap.


Post a Comment

Terima kasih sudah mengunjungi website resmi Festival Film Bandung. Sila tinggalkan jejak di kolom komentar. Hindari spamming dan kata-kata kasar demi kenyamanan bersama.
© Forum Film Bandung. All rights reserved.