Kamis, Agustus 01, 2019

LAPORAN: Pengamatan Film Impor FFB 2019 Periode 1 September 2018 - 31 Juli 2019 (Data & Statistik)

Oleh Ardityo Danoesoebroto, S.Si., M.T. (Ketua Regu Pengamat Film Impor FORUM FILM BANDUNG)






Keterangan :
Jenis-Jenis Genre Film

1. LAGA
Laga adalah Jenis film yang mengandung banyak gerakan dinamis para aktor dan aktris dalam sebagian besar adegan film, seperti halnya adegan baku tembak, perkelahian, kejar mengejar, ledakan, perang dan lainnya.

2. PETUALANGAN

Petualangan adalah jenis film yang menitik beratkan pada sebuah alur petualangan yang sarat akan teka teki dan tantangan dalam berbagai adegan film.

3. ANIMASI

Animasi adalah Jenis film kartun animasi dengan berbagai alur cerita. Biasanya genre film ini memiliki sub genre hampir sama dengan genre utama film non animasi.

4. KOMEDI

Komedi adalah Jenis film yang dipenuhi oleh adegan komedi dan lelucon sebagai benang merah alur cerita film.

5. KEJAHATAN

Kejahatan adalah Jenis film yang menampilkan skenario kejahatan kriminal sebagai inti dari keseluruhan film.

6. DRAMA

Drama adalah Jenis film yang mengandung sebuah alur yang memiliki sebuah tema tertentu seperti halnya percintaan, kehidupan, sosial, dan lainnya.

7. HORROR

Horror adalah Jenis film yang berisi tentang kejadian mistis dan berhubungan dengan kejadian-kejadian yang menyeramkan dan menakutkan sebagai nyawa dari film tersebut.

8. ROMANSA/PERCINTAAN

Romansa adalah Jenis film yang berisikan tentang kisah percintaan.

9. SCI-FI

Sci-Fi (Fiksi Ilmiah) adalah Jenis film fantasi imajinasi pengetahuan khususnya yang bersifat exact yang dikembangkan untuk mendapatkan dasar pembuatan alur film yang menitikberatkan pada penelitian dan penemuan-penemuan teknologi.

10. THRILLER

Thriller adalah Jenis film yang penuh dengan aksi menegangkan dan mendebarkan dan biasanya tipe alur ceritanya biasanya berupa para jagoan yang berpacu dengan waktu, penuh aksi menantang, dan mendapatkan berbagai bantuan yang kebetulan sangat dibutuhkan yang harus menggagalkan rencana-rencana kejam para penjahat yang lebih kuat dan lebih lengkap persenjataannya.



Rating Film :
G (General Audience)
Ini adalah kode bahwa film dengan label G, bisa ditonton oleh semua umur. Film berlabel G bebas adegan-adegan tabu, kata-kata kotor, sadis, maupun obat-obatan terlarang sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan.

PG (Parental Guidance)
Artinya adalah Bimbingan Orang Tua. Label PG disematkan dalam film ini karena sebagian materi dalam film belum cocok ditonton oleh anak-anak di bawah umur. Ketidaksopanan film PG ini biasanya masih sebatas kata-kata kasar atau adegan bullying ringan, sehingga orang tua wajib memberikan pengertian.

PG-13 (Parental Guidance-13)
Bimbingan Orang Tua untuk anak di bawah usia 13 tahun. Tingkatan ini lebih kuat kebutuhannya akan dampingan orang tua di banding sekedar PG saja, karena adegan-adegan tak sopan dalam film ber-rating PG-13 biasanya rentan ditiru oleh anak-anak di bawah usia tersebut. 

R (Restricted)
Film-film berlabel R adalah film yang diperuntukkan bagi usia 17 tahun ke atas. Bahkan film kartun atau animasi pun terkadang ada yang berlabel R. Di sinilah pentingnya orang tua memahami kode rating film.

NC-17 (No One and Under Admitted)
Bahkan mereka yang sudha berumur 17 tahun pun disarankan untuk jangan dulu menonton film ini sebelum usia yang lebih dewasa. Film berlabel NC-17 sarat adegan-adegan mengerikan yang belum cocok ditonton di bawah usia 17 tahun, yang ditayangkan secara gamblang.

Nb. Pengelompokan FFB menggabungkan G & PG Menjadi Rating PG, PG-13 Tetap PG-13, dan R & NC-17 menjadi Rating R, sehingga hanya ada 3 pengelompokan genre, ini dilakukan karena sangat sedikitnya film bergenre "semua umur" atau G dan bahkan film rating "diatas umur 21" atau NC-17 hampir jarang sekali. dan jika di referensi dengan pengelompokan LSF, maka rating SU equifalen dengan PG, rating R13 equifalen dengan PG-13 dan rating D17 dan D21 equifalen dengan R  

Sumber :
www.imdb.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar