Senin, Agustus 11, 2014

Catatan Film Impor Festival Film Bandung 2014


Oleh Ardityo Danoesoebroto, S.Si., M.T.  
(FORUM FILM BANDUNG)


Catatan Film Impor Festival Film Bandung 2014

Festival Film Bandung 2014, menilai 160 judul film impor yang beredar di bioskop bandungperiode 1 Mei 2013 – 31 Juli 2014, yang terdiri dari film-film produksi dari Amerika/Eropa, India, China, dan Korea yang di produksi antara tahun 2011 sampai 2014.

Tidak murni film-film impor yang diputar di Indonesia adalah film-film baru atau yang kemudian saya sebut International premiere movies, yang artinya film-film itu diputar diseluruh dunia hampir bersamaan di hari/minggu/bulan yang sama bahkan beberapa judul premiere lebih awal di Indonesia dibandingkan di negara asalnya, ini dikarenakan tingkat pembajakan yang sangat tinggi di asia maka beberapa film di release lebih awal. Adapun film-film impor yang masuk ke Indonesia adalah film-film lama atau saya sebut Local premiere movies, yang artinya film-film itu sudah produksi tahun 2011-2012 untuk mengisi kekosongan film impor di dalam negeri di tahun 2013/2014, tetapi biasanya film-film produksi lama ini kurang diminati penonton karena sudah bisa di download di internet atau membeli DVDnya. Dari 160 judul film yang diamati film produksi lama (2011-2012) porsinya semakin kecil yaitu hanya 20 judul / 13% dibanding pengamatan tahun lalu dan produksi terbesar adalah dari tahun 2013 yaitu 93 judul / 58% sedangkan tahun 2014 adalah 47 Judul / 29%. Selain itu kami mencoba membagi genre film menjadi 10 jenis genre, dengan jumlah dan persentase masing-masing yang dapat dilihat pada tabel 1:


Berdasarkan hasil pengelompokan film, film bergenre laga, drama dan komedi menduduki posisi 3 teratas sebenarnya pengelompokan ini agak sedikit subjektif karena ada pun film drama yg memiliki unsur romansa/percintaan atau film laga yang memiliki unsur petualangan dan seterusnya. Tetapi kami mencoba mengelompokan berdasarkan genre yang paling menonjol dari film tersebut.

Setiap tahunnya Forum Film Bandung yang menyelenggarakan Festival Film Bandung, memilih sejumlah film-film impor yang menurut pengamatan para juri/pengamat adalah terpuji dan layak untuk ditonton oleh masyarakat bandung dan se-antero Indonesia. Film-film impor dinilai tidak seperti film-film Indonesia, film-film Indonesia dinilai berdasarkan unsur-unsurnya seperti penata artistik, penulis skenario, pemeran-pemeran utama dan pembantu dan lain sebagainya tetapi film impor dinilai secara keseluruhan secara satu kesatuan utuh film. Bagaimana para pengamat menilai film-film ini? tentu ada kriteria-kriteria, antara lain seperti ini :
1)             Jalan cerita film yang dapat menggiring logika sehingga menjadi potret kehidupan manusia atau mungkin memanipulasi logika sehingga kita merasa dibawa kedunia lain atau alam lain.
2)             Para pemeran di dalam film mampu menghidupkan jalan cerita dan mampu membawakan dan bersenyawa dengan karakternya sehingga merupakan cerminan refleksi dinamis dari tokoh yang diperankannya.
3)             Pengambilan gambar dan pergerakan kamera yang baik sehingga membangun dan membentuk gambar yang seolah dapat bertutur atau berbicara sendiri sehingga memperkuat jalinan cerita dan penokohannya.
4)             Unsur-unsur dari aspek pendidikan (misalnya : film mengedukasi penonton), kontrol sosial (misalnya : film sesuai dengan budaya bangsa Indonesia), pesan moral (misalnya : Film menyadarkan penonton untuk tidak merusak lingkungan) dan aspek-aspek lainnya yang positif.
5)             Kriteria-kriteria lain juga dipertimbangkan seperti editing, musik, latar belakang, dan lain sebagainya sehingga mampu membangun dan menciptakan suasana jalan cerita yang sinergis.    
jika kriteria-kriteria yang telah disebutkan telah dipenuhi maka akan kami nobatkan sebagai film import terpuji. Dari 160 judul film impor para pengamat film secara umum telah memilih kandidat-kandidatnya yang telah dikempokkan menjadi 10 genre :
1)             Genre Laga : Pacific Rim, Lone Survivor, Man Of Steel, Captain America: Winter Soldier, dan Dawn of The Planet Of The Apes
2)             Genre Drama : 12 Years As A Slave, Dallas Buyers Club, Lee Daniels' The Butler, dan August: Osage County, Rush, dan Out Of Furnace
3)             Genre Komedi : The Wolf Of Wall Street, The Heat, We're The Millers, Miracle In Cell 7 A.k.a 7-beon-bang-ui seon-mul, The Other Woman dan 22 Jump Street
4)             Genre Animasi : Frozen, Despicable Me 2, Monster University, Lego Movie, Turbo dan How To Train Your Dragon 2
5)             Genre Horror : The Conjuring, Evil Dead, The Babadook, Carrie dan Insidious: Chapter 2
6)             Genre Kejahatan : Prisoners, The Counselor, Now You See Me dan The Frozen Ground
7)             Genre Petualangan : The Hunger Games: Catching Fire, The Hobbit: Desolation Of Smaug, The Secret Life Of Walter Mitty, Thor: The Dark World dan X-Men: Days Future Past
8)             Genre Sci-Fi : Star Trek Into The Darkness, Snowpiercer, Elysium, Transcendence, dan Edge Of Tomorrow
9)             Genre Thriller : Gravity, Captain Phillips, Non-stop, dan Jack Ryan: Shadow Recruit
10)         Genre Romansa/Percintaan : Her, The Great Gatsby, About Time, The Fault In Our Stars dan Endless Love

Dari film-film yang telah dipilih secara umum akan disortir kembali dan akan dipilih 12 (dua belas) film impor terpuji , yang akan kami umumkan pada malam anugerah Festival Film Bandung tanggal 13 September 2014. Perlu diketahui bahwa kami mencoba memberi pilihan kepada para penikmat film dari masing-masing genre diatas adalah film-film yang menurut kami layak untuk ditonton berdasarkan genre karena terkadang ada beberapa orang yang menyukai film komedi tetapi tidak menyukai film drama atau hanya menyukai film Sci-fi dan seterusnya, disini kami memberikan  pilihan. Tetapi dalam pemilihan pemenang film impor terpuji, salah satu genre bisa terdapat 2 atau 3 pemenang, atau bisa saja dari salah satu genre tidak terdapat pemenang, sehingga bukan berarti dari setiap genre ada pemenang  tujuan pengelompokan hanya semata untuk memberikan pilihan yang lebih luas dan memberikan rekomendasi dari masing-masing genre film-film itulah yang terpuji dan layak di apresiasi.  

Ardityo Danoesoebroto, Ssi, MT.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar