Kamis, Agustus 10, 2017

LAPORAN: Pengamatan Film Impor Periode 1 Agustus 2016 - 31 Juli 2017 (Data & Statistik)


Oleh Ardityo Danoesoebroto, S.Si., M.T. (Ketua Regu Pengamat Film Impor FORUM FILM BANDUNG)

List Pengamatan Film Import 1 Agustus 2016- 31 Juli 2017 yang Beredar Di Bioskop Bandung




Keterangan :
Jenis-Jenis Genre Film

1. LAGA
Laga adalah Jenis film yang mengandung banyak gerakan dinamis para aktor dan aktris dalam sebagian besar adegan film, seperti halnya adegan baku tembak, perkelahian, kejar mengejar, ledakan, perang dan lainnya.

2. PETUALANGAN
Petualangan adalah jenis film yang menitik beratkan pada sebuah alur petualangan yang sarat akan teka teki dan tantangan dalam berbagai adegan film.

3. ANIMASI
Animasi adalah Jenis film kartun animasi dengan berbagai alur cerita. Biasanya genre film ini memiliki sub genre hampir sama dengan genre utama film non animasi.

4. KOMEDI
Komedi adalah Jenis film yang dipenuhi oleh adegan komedi dan lelucon sebagai benang merah alur cerita film.

5. KEJAHATAN
Kejahatan adalah Jenis film yang menampilkan skenario kejahatan kriminal sebagai inti dari keseluruhan film.

6. DRAMA
Drama adalah Jenis film yang mengandung sebuah alur yang memiliki sebuah tema tertentu seperti halnya percintaan, kehidupan, sosial, dan lainnya.

7. HORROR
Horror adalah Jenis film yang berisi tentang kejadian mistis dan berhubungan dengan kejadian-kejadian yang menyeramkan dan menakutkan sebagai nyawa dari film tersebut.

8. ROMANSA/PERCINTAAN
Romansa adalah Jenis film yang berisikan tentang kisah percintaan.

9. SCI-FI
Sci-Fi (Fiksi Ilmiah) adalah Jenis film fantasi imajinasi pengetahuan khususnya yang bersifat exact yang dikembangkan untuk mendapatkan dasar pembuatan alur film yang menitikberatkan pada penelitian dan penemuan-penemuan teknologi.

10. THRILLER
Thriller adalah Jenis film yang penuh dengan aksi menegangkan dan mendebarkan dan biasanya tipe alur ceritanya biasanya berupa para jagoan yang berpacu dengan waktu, penuh aksi menantang, dan mendapatkan berbagai bantuan yang kebetulan sangat dibutuhkan yang harus menggagalkan rencana-rencana kejam para penjahat yang lebih kuat dan lebih lengkap persenjataannya.



Rating Film :
PG — Parental Guidance Suggested. Some Material May Not Be Suitable For Children. (Bimbingan Orang Tua. Sebagian dari konten film mungkin tidak cocok untuk anak-anak). Sebuah film dengan rating PG harus diperiksa terlebih dahulu oleh para orang tua sebelum mereka membiarkan anak-anak mereka yang masih dibawah umur menontonnya. Namun yang jelas adegan-adegan yang melibatkan obat-obatan terlarang/narkoba tidak diperbolehkan disini tetapi beberapa kata-kata "kotor" dan beberapa penggambaran kekerasan atau ketelanjangan secara singkat diperbolehkan disini namun dianjurkan orang tua / dewasa agar mendampingi anak-anak mereka saat menontonnya, namun sifatnya tidak wajib. Film-film yang mendapatkan rating PG biasanya sebagian besar film dengan genre animasi seperti Secret Life of Pets, Trolls dan The Boss Baby.

PG-13 — Parents Strongly Cautioned. Some Material May Be Inappropriate For Children Under 13. (Peringatan keras bagi Orang Tua. Sebagian dari konten film mungkin tidak cocok untuk anak berusia di bawah 13 tahun). Para orang tua menentukan apakah anak-anak mereka yang berumur dibawah 13 tahun boleh menonton film tersebut atau tidak, karena beberapa konten di film tersebut mungkin tidak baik untuk mereka. Sebuah film ber-rating PG-13 sangat mungkin malampaui batas-batas dalam rating PG dalam hal kekerasan, adegan telanjang, konten seksual, bahasa kasar, aktifitas dewasa atau elemen lain-nya, namun tidak mencapai batas dari rating R (Restricted). Film-film yang mendapatkan rating PG-13 biasanya sebagian film-film laga “Blockbuster” seperti Suicide Squad, Fast & The Furious 8 dan Spider-man: Homecoming.
 
R — Restricted. Children Under 17 Require Accompanying Parent or Adult Guardian. (Terbatas. Anak di bawah usia 17 tahun harus ditemani orang tua atau orang dewasa). Sebuah film dengan rating R, berisi beberapa konten / materi dewasa. Film dengan rating R mungkin mengandung kata-kata yang tidak pantas, adegan kekerasan yang ekstrem dan memperlihatkan darah secara kontras, konten-konten seksual yang explicit atau memperlihatkan sebagian alat vital, penggunaan obat-obatan terlarang dan lain-nya, sehingga para orang tua diharapkan agar menanggapi rating ini secara serius. Anak di bawah 17 tahun tidak diperbolehkan untuk menonton film ber-rating R tanpa didampingi oleh orang tua atau pendamping dewasa. Film-film yang mendapatkan rating R biasanya merupakan film-film bergenre Horror, Thriller dan  Laga yang mengekspos adegan kekerasan dengan banyak darah seperti Life, Alien: Covenant, dan The Crucifixion.

Sumber :
www.imdb.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar