Sabtu, September 12, 2015

Para Pemenang Film Impor Terpuji Festival Film Bandung 2015

Para Pemenang Film Impor Terpuji
Mengapa Terpuji?

Oleh
Ardityo Danoesoebroto Ssi. M.T.
Eriko Utama, Ssi.


Pada tahun ini seperti tahun-tahun sebelumnya Forum Film Bandung bangga mengumumkan 12 film impor terpuji dari 46 film impor yang dinominasikan dengan memecahnya dalam 10 genre film dan disaring dari 163 judul film impor yang beredar pada periode 1 Agustus 2014 – 31 Juli 2015. Berikut para pemenangnya dan mengapa "terpuji".

1.       Interstellar – 2014  [Fiksi Ilmiah Terpuji]
Sutradara : Christopher Nolan
Produksi : Paramount Pictures, Warner Bros. & Legendary Pictures

Interstellar film yang berisi Science atau Fiksi-Ilmiah (Penulis tidak membahas secara dalam Fiksi-Ilmiahnya), itu memang tak terbantahkan tetapi Nolan berhasil menghubungkannya dengan perikemanusiaan dimana ada keinginan seorang ayah untuk melihat keluarganya lagi pada tingkat yang sangat erat dan terpaku dalam otak penontonnya, tidak peduli jika penonton tidak memahami science-nya di balik itu.
Interstellar adalah tentang menyelamatkan kemanusiaan dan membawanya ke arah yang lebih baik, menyelamatkan dari situasi yang fatal tanpa harapan dan mencoba menemukan rumah baru untuk kemanusiaan. Sama seperti film Nolan lainnya, dalam merepresentasikan Interstellar, Nolan memberikan para penonton banyak untuk dipikirkan dan beberapa dari pemikiran itu mencapai interpretasi filosofis yang sangat dalam. Film ini pada dasarnya adalah tentang menafsirkan science yang tidak diketahui.
Interstellar mempunyai cerita science yang kuat. Tentu, beberapa temanya mungkin telah digunakan baik dalam film atau buku, tetapi kenyataannya adalah bahwa film ini berhasil menempatkan mereka (Drama dan Fiksi-Ilmiah) bersama-sama dengan cara yang luar biasa solid dan menyenangkan. Dan itu bukan hanya kuat tetapi  indah dan menggugah hati. Maka oleh karena itu Interstellar adalah Film Fiksi-Ilmiah Terpuji #FFB2015 karena pada dasarnya jika science-nya tidak paham tetap drama dalam film dapat di mengerti atau dengan kata lain anda tidak perlu menjadi seorang penggemar Fiksi-Ilmiah untuk menikmatinya.

2.       The Imitation Game – 2014  [Biografi Terpuji]
Sutradara : Morten Tyldum
Produksi : Black Bear Pictures

The Imitation Game  bercerita tentang upaya Alan Turing dalam memecahkan kode Enigma Jerman selama Perang Dunia II dengan rekan-rekan timnya termasuk seorang wanita bernama Joan diperankan oleh Keira Knightly.
The Imitation Game bertutur dengan baik dan tidak membuang-buang waktu. Film ini merupakan perwujudan story-telling yang luar biasa, sinematografi yang indah, kecerdasan sejati yang terpapar indah, dan para pemain bintang yang akan diingat selama puluhan tahun karena kinerja mereka di film The Imitation Game, terutama Benedict Cumberbatch yang bermain sebagai Alan Turing. Dia bermain secara eksentris tetapi tidak berlebihan, melihatnya membuat anda berpikir anda benar-benar berhadapan dengan seorang jenius yang sangat aneh.
The Imitation Game adalah film biografi terpuji #FFB2015 karena bertutur dengan tepat sasaran tentang Alan Turing yang membuat mesin pemecah Kode Enigma yang kemudian di masa ini berevolusi menjadi “Komputer”. Alat yang tidak pernah lepas dari sebagian hidup manusia di masa era digitalisasi ini.    

3.       The Guardians of the Galaxy – 2014 [Petualangan Terpuji]
Sutradara : James Gunn
Produksi : Marvel Studios













Plot film berpusat di sekelompok penjahat Peter Quill a.k.a Star-Lord (Chris Pratt), Gamora (Zoe Saldana), Drax The Destroyer (Dave Bautista), Groot (Vin Diesel) dan Rocket Raccoon (Pengisi suara oleh Bradley Cooper) karena mereka dipaksa untuk bekerja aliansi jahat untuk melawan musuh yang jahat pula bersama: Ronan The Accuser (Lee Pace) bersama dengan bantuannya dari Nebula (Karen Gillan) dan Korath (Djimon Hounsou). Adapun penampilan dari Thanos yang disuarakan oleh Josh Brolin.
Sutradara James Gunn melakukan pekerjaan yang brilian mengarahkan film ini dan kru memberi kami sebuah film yang senang untuk ditonton berulang-ulang dan juga melakukan pekerjaan yang cerdas dengan sudut-sudut kamera pada setiap adegan film. Sutradara berhasil mencampur komedi dengan laga yang intens, tepat dan semua pemeran ensemble yang membawa rasa yang berbeda tetapi menyenangkan pada film yang dibuat dengan baik sekali ini. Skenario ditulis dengan sangat baik dan adegan aksi/laga yang mengesankan.
Dengan pemeran ensemble yang nge-blend dan apik petualangan Star-Lord dan teman-teman menjadi Roller-Coaster petualangan yang klimatik dan lucu dalam menyelamatkan sebuah galaxy menjadikannya Film petualangan terpuji #FFB2015, Congratulations!.

4.       The Big Hero 6 – 2014 [Animasi Terpuji]
Sutradara : Don Hall & Chris Williams
Produksi : Walt Disney Animation Studios & Walt Disney Pictures


The Big Hero 6 Animasinya, anda dapat menonton film ini dengan suara dimatikan dan masih merasa kagum.  Para animator tahu apa yang mereka lakukan. Mereka membuat ini terlihat seperti sebuah buku komik yang serba cepat. Suasana San Fransokyo juga menakjubkan.
Momen
nya banyak yang lucu semuanya well-paced dan well-written. Momen-Momen ini dilakukan (terutama dengan Baymax) dengan benar-benar lucu untuk ditonton. Dia robot yang dirancang untuk menjadi robot-perawatan kesehatan, tetapi tidak tahu apa-apa tentang pertempuran. Dia masuk ke situasi pertempuran tersebut karena semata-mata melakukan tugasnya yang dimaksudkan itu. Itulah yang membuat dia sangat lucu. Ini seperti Iron Giant, tapi lebih lucu.
Film Animasi The Big Hero 6 adalah pintar, cute, lucu, dan sangat kreatif dan merupakan tontonan yang menyenangkan bagi seluruh keluarga karena dikemas dalam paket petualangan-laga yang mantap dan memiliki drama dan komedi yang sangat baik. So Animasi Terpuji tahun ini jatuh pada Film The Big Hero 6.

5.       Whiplash – 2014 [Drama Musikal Terpuji]
Sutradara : Damien Chazelle
Produksi : Bold Films & Blumhouse Productions





Andrew (Miles Teller) adalah mahasiswa berusia 19 tahun di sebuah konservatori musik di Manhattan. Terrence Fletcher (JK Simmons) adalah seorang guru di Konservatorium tersebut dengan gaya mengajar kejam dan brutal. Setelah Ia memilih Andrew untuk bermain di band sekolah, ia mendorong Andrew untuk bermain drum sampai batas kemampuannya dan juga bermain dengan potensi penuh, tetapi dengan risiko fisik dan bathinnya yang tersiksa abis!.
Hal yang dianggap bahwa film Whiplash adalah drama musikal terpuji, karena film ini mampu menciptakan suatu cerita pada spot tersendiri tentang permainan drum yang menjadi pusat of attention dalam suatu genre musik film, dan atmosfer suasananya tidak seperti film yang lain. Ide dari film ini sangat unik dan dijamin tidak dapat akan menemukan film lain di luar sana yang seperti ini. Film ini mengungkapkan intensitas yang sangat tinggi untuk sebuah film musik. Kami percaya bahwa akting Jk Simmons adalah apa yang memicu banyak intensitas. Ketika menonton film ini meskipun paced-storytellingnya akan tampak lambat tetapi untuk sebagian besar intensitasnya tidak akan mungkin terlewatkan dan sesak di hati.
Film ini berhasil membuat getaran emosi yang naik dan turun dengan banyak pasang dan surut disana sini, dan hanya ketika kita berpikir perjalanan ini akan berakhir, kita akan pergi untuk kedua kalinya untuk merasakan intensitas shocking itu lagi, bravo!.

6.       PK – 2014 [Komedi Terpuji]
Sutradara  : Rajkumar Hirani
Produksi : Rajkumar Hirani Films & Vinod Chopra Productions



PK adalah seorang alien dari planet lain dimana perangkat remote yang bisa membawanya kembali ke rumah asalnya dicuri saat ia tiba di bumi dan usahanya untuk menemukan kembali remote itu membawanya pada perjalanan di mana dia berteman dengan orang-orang planet bumi, belajar tentang Tuhan dari berbagai agama dan kemunafikan agama-agama tersebut dan juga jatuh cinta dengan seorang reporter TV si Jaggu yang membantu dia dalam usahanya menemukan remotenya kembali.
Alur cerita menarik dan facinating, banyak kejutan yang terungkap lapis demi lapis dengan sangat baik sekali. Narasi dalam film adalah kedap udara, mencekam dan menghibur. Skenario film ini komprehensif dan mengasyikkan dan dipadukan dengan situasi yang lucu dan dialog yang hidup.
Keindahan film ini adalah bahwa, seperti kebanyakan film-film besar, ia bertutur dengan baik pada berbagai tingkatan padahal ceritanya sederhana dan jujur. Ketika film bercerita secara lucu dan ringan, itu membuat rasa tertawa untuk waktu yang panjang dan ketika film bercerita dengan emosional atau serius, itu benar-benar membuat anda untuk berhenti sejenak. Sering kali, humor itu sendiri ditenun menjadi poin yang serius dan masuk akal.
Film ini menangani materi yang bisa dengan mudah menyinggung (agama) dengan kepolosannya yang membuat kita berpikir dan merenung. Maka dengan bangga forum film bandung menetapkan tahun ini film impor komedi terpuji diberikan kepada Film PK film dari negeri india yang selalu hadir dengan  lokalitas india yang pekat dan tidak mengecewakan.

7.       Birdman: Or (The Unexpected Virtue of Ignorance) – 2014 [Drama Terpuji]
Sutradara : Alejandro González Iñárritu
Produksi : New Regency Pictures













Film dengan teknik “long-take”, untuk menampilkan teater Broadway sangat cocok dan begitu rapi ditangan Inaritu (sutradara),  adegan film berjalan simultan tanpa terlihat terpotong (editing yang brilliant), ruang kesalahan gambar harus sesedikit mungkin (sinematrografi nya halus, bergerak maju mundur dan memutar) berjalan dalam gerakan kamera selalu mengikuti actor/aktrisnya dengan dukungan background sound music dalam hentakan jazz sehingga mensyahkan film ini adalah film berseni tinggi.
Naskah film ini jelas black comedy, dan komedinya tingkat tinggi lagi, dan bagi yang asing dengan dunia teater atau industri film tentu menganggap film ini biasa aja, padahal film ini sangat lihai menyelaraskan cerita real life dalam film ini. Didukung aktor dan aktris yang bermain sangat bagus di film ini maka sangat layak birdman menjadi salah satu soko guru dan terpilih menjadi film drama terpuji versi FFB.

8.       Kingsman: The Secret Service – 2014 [Laga Komedi Terpuji]
Sutradara  : Matthew Vaughn
Produksi : Twentieth Century Fox Film Corporation
















Berdasarkan buku komik The Secret Service, yang diciptakan oleh Dave Gibbons dan Mark Millar, 'Kingsmen: The Secret Service', Disutradarai oleh Matthew Vaughn, adalah murni sangat jenius! Suatu pengalaman seperti naik roller-coaster, yang mengasyikan & menyenangkan sepanjang film bekerja.
Kingsman: Secret Service adalah sebuah film yang luar biasa dan sempurna. Sudah lama tidak merasakan rasa yang begitu senang ketika menonton film ini. Film ini penuh aksi, cerdas, lucu, mendebarkan dan menegangkan. Pada dasarnya, film ini adalah paket lengkap. Urutan laga yang intens, realistis dan stylish kombinasi laga dengan komedi, seperti meminum kopi sachet 3 in 1 dan tidak pernah mengecewakan. Film ini memiliki berton-ton kekerasan & darah tetapi tidak akan membuat anda mual tetapi malahan membuat anda merasa blown away dan selalu terasa duduk on your edge of your seat. So dengan rasa blown away off my seat The Kingsman: Secret Service adalah Film Laga Komedi Terpuji tahun ini.

9.       Mad Max: Fury Road – 2015 [Laga Terpuji]
Sutradara : George Miller
Produksi : Kennedy Miller Productions & Village Roadshow Pictures















"Fury Road" adalah non-stop destruktif-blasting movie dari awal sampai selesai. Adalah film laga terbaik yang pernah aku lihat dalam waktu yang cukup lama. Sepanjang film saya bersorak, tertawa, dan bertepuk tangan, mungkin orang lain berpikir saya orang gila seperti di film itu di dalam bioskop, tapi aku begitu terlibat dalam cerita dan  saya tidak peduli dan beberapa orang lainpun melakukan hal yang sama so what? That's how i have fun!.
Film laga yang nikmat dan menyenangkan. Memiliki stunts yang gila, pemeran-pemeran yang gokil! di sutradarai dengan dasyat dan hebat, angle pengambilan gambar unbelieveable! Dan adegan aksinya  gila, Twisted, akting yang solid, naskah yang ketat dan sangat sederhana, menakjubkan, sinematografi cantik dan musik yang sangat baik. Semua bagian ini digabungkan bersama-sama dalam rasa tradisional yang keren dalam tangan seorang master George Miller.

10.   The Age of Adaline – 2015 [Romansa Fiksi Ilmiah Terpuji]
Sutradara : Lee Toland Krieger
Produksi : Lakeshore Entertainment & Sidney Kimmel Entertainment













Sangat jarang di hari gini di mana kita mendapatkan sebuah film romantis yang original dengan di-blend dengan aspek fiksi ilmiah. Paling juga anda dapatkan salah satu kalau tidak film cinta saja ya film fiksi-ilmiah saja dan jarang dilakukan perpaduan atau pencampuran keduanya dengan indah dari awal sampai akhir dan setiap generasi membutuhkan sebuah kisah cinta romantis yang memiliki unsur fantasi magis nan indah seperti yang diberikan oleh film ini untuk anda.
Jadi penasaran kan?,  So? Film The Aged Of Adaline itu apa sih?... bercerita tentang Adaline (Blake Lively) suatu waktu berada dalam kecelakaan mobil pada tahun 1937, tetapi ketika dekat dengan kematian, dia seperti tersentuh oleh pencahayaan dan membawa dia hidup kembali dan dinarrasikan oleh seorang narrator dengan apik dengan penjelasan ilmiah yang dapat diterima. Dan sejak itu dia menjadi awet muda maksud saya dia berumur 29 tahun untuk selamanya. Setelah mengetahui kondisinya Adaline memutuskan untuk hidup dengan kesepian dan kesendirian selama begitu banyak dekade. Tapi keputusan Adaline mulai berubah ketika dia bertemu Ellis (Michael Huisman) dan menemukan dirinya jatuh cinta dengan pria manis ini, tapi akankah itu mengubah Adaline? sebaiknya di tonton saja film pilihan Forum Film Bandung ini yang ditetapkan secara absolut sebagai Film Romansa fiksi ilmiah terpuji tahun ini.

11.   The Judge – 2014 [Drama Terpuji]
Sutradara : David Dobkin
Produksi : Warner Bros.




The judge film yang powerful dan tulus. Robert Downey Jr. memainkan Hank Palmer, berkantong dollar tinggi, pengacara sangat sukses di Chicago. Hank kembali ke rumah masa kecilnya untuk pemakaman ibunya. Hank yang terasing dari keluarganya selama dua puluh tahun tidak diterima dengan baik oleh ayahnya (Robert Duvall), yang kebetulan menjadi hakim di kota kecil selama hampir empat puluh tahun. Tetapi sebelum Hank pergi untuk kembali ke Chicago, ayahnya ditangkap dan diduga membunuh seseorang.
Film
itu sendiri beautifully done. Plot itu cukup baik-terstruktur tapi menarik perhatian para pengamat, adalah hubungan antara karakternya, terutama hubungan antara Hank dan ayahnya (Dasyat dimainkan oleh Robert Duvall). Kebanyakan film yang diamati cenderung hanya mencuci pengembangan karakternya, tetapi film ini berhasil dengan pas membidik dengan sasaran atas semua aspek penting dari masing-masing latar belakang karakter tanpa masuk ke detailing yang terlalu banyak. Pertumbuhan dan perubahan hubungan antara ayah dan anak ini terbukti sepanjang film, dan tidak dimainkan berlebihan atau over-didramatisasi. pas saja dramanya dan bagi para pengamat, rasanya sangat nyata atas dasar itu dengan tanpa rasa berlebihan dan over-dramatisir keadaan, Film The Judge adalah film drama terpuji kedua setelah Film Birdman.

12.   Paddington - 2014 [Komedi Fantasi Terpuji]
Sutradara : Paul King
Produksi : StudioCanal & Anton Capital Entertainment (ACE)












Paddington didasarkan pada seri buku anak-anak dan bercerita tentang beruang yang bisa berbicara yang melakukan perjalanan ke London untuk mencari rumah baru. Dia tidak pernah berada di lingkungan perkotaan sebelumnya sehingga dia tidak tahu bagaimana untuk berinteraksi dengan orang lain di dunia modern. Dia kemudian ditemukan oleh keluarga acak dan dibawa ke rumah mereka.
Paddington berhasil membungkus semua ini menjadi film keluarga selama 95 menit yang lucu sepanjang jalan cerita dari awal sampai akhir dan berkesan & menyenangkan bagi semua orang. Paddington itu adalah film yang penuh gairah yang memiliki sinematografi kreatif, scripting yang baik.
Film ini menawan dan menghangatkan hati anda, memiliki humor Inggris yang klasik nan cerdas bahwa orang dewasa akan merespon dan anak-anak akan menikmati. Ini juga film pintar dengan pesan positif dan cerita yang acceptable . Menonton Paddington terasa banyak seperti membaca buku, maksud saya setiap urutan memiliki awal dan akhir, rasanya seperti membalik halaman buku setiap halaman sedikit lebih menakjubkan daripada halaman sebelumnya. Sebenarnya para pengamat ingin menamakan film ini film "komedi fantasi keluarga" terpuji tetapi dirasa terlalu "alay" sehingga menjadi film "komedi fantasi" terpuji saja. Selamat ya beruang paddington!




,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar