Kamis, April 26, 2018

Menikmati "Avenger Infinity War" di Studio 4DX CGV Pariz van Java Bandung

Official Poster Avengers Infinity War

     Setelah 10 tahun setia menonton 18 film pahlawan super dari Marvel Cinematic Universe (MCU), akhirnya mereka semua bertemu dalam sebuah film yang tayang di Indonesia mulai 25 April 2018 kemarin, AVENGERS INFINITY WAR

     Dari judulnya saja, sudah bisa diperkirakan bahwa film ini akan menyuguhkan pertarungan yang tidak ada habis-habisnya dan perang yang akan sangat epic; mengingat hampir seluruh pahlawan super Marvel berkumpul menjadi satu untuk melawan Thanos, penjahat besar yang ingin mengumpulkan infinity stones untuk mengubah seluruh galaksi.

     Tentunya saya tidak ingin kehilangan momen yang sudah ditunggu-tunggu sejak lama ini. Saya ingin sekali ikut merasakan perjuangan para pahlawan super Marvel. Gayung bersambut, saya bersama-sama komunitas Forum Film Bandung Community (FFBComm) berkesempatan menonton Avengers Infinity War di 4DX CGV Paris Van Java Bandung pada hari pertama tayang. Sungguh kesempatan yang akan sayang jika dilewatkan.

Sudah pernah mencoba nonton film di studio 4DX-nya CGV sebelumnya? 

     4DX CGV menawarkan penonton untuk merasakan pengalaman yang berbeda saat menonton di bioskop. Mengangkat konsep Absolute Cinema Experience, keseruan menonton dengan pengalaman yang berbeda ini tercipta dengan adanya 5 efek utama fitur 4DX yang cukup canggih, yaitu gerakan, angin, air, cahaya dan aroma. Bagaimana keseruan saya dan teman-teman menonton Avengers Infinity War di studio 4DX CGV Paris Van Java Bandung? Simak terus tulisan ini!



     Sebelum memasuki studio 4DX, terlebih dahulu petugas akan membagikan kacamata 3D untuk digunakan di dalam studio. Awalnya saya merasa khawatir apakah kacamata 3D-nya akan nyaman dipakai atau tidak karena saya sudah memakai kacamata minus. Tapi ternyata kacamata 3D dari 4DX CGV ini cukup nyaman dipakai dan pas di kepala ketika dilapis dengan kacamata minus. Meski sedikit repot ketika saya terlalu excited menonton sampai menggerak-gerakkan kepala karena harus membetulkan dua posisi kacamata sekaligus, haha.

     Ketika memasuki studio, lampu sudah dipadamkan karena film akan segera dimulai. Tips terpenting menonton di bioskop (baik itu untuk studio regular maupun 4DX) adalah datanglah 15 menit sebelum waktu yang tertera di tiket bioskop karena jika lampu sudah dipadamkan, tentu akan menyulitkan ketika mencari kursi tujuan. Apalagi kursi 4DX tidak seperti kursi regular biasa. Kursi 4DX didesain lebih tinggi untuk menunjang gerakan-gerakan yang akan dihasilkan ketika film diputar. 

     Avengers Infinity War pun dimulai. Saya sudah mulai memasuki ruang dan waktunya sendiri. Gerakan-gerakan kursi yang cukup signifikan awalnya membuat saya kaget, namun dengan cepat saya bisa menyesuaikan diri, bahkan gerakan-gerakan ini membuat suasana semakin tegang. Ketika Thanos mulai mengamuk dan membuat pahlawan super kita berjatuhan kesana-kemari, saya pun merasakan gerakan mereka. Ketika tinju-tinju bersarang ditubuh Iron Man dkk, punggung saya pun seperti ditinju. Ternyata kursi 4DX ini selain menimbulkan efek gerakan, juga mempunyai efek tinju-tinju kecil dibagian punggung. Sehingga apapun yang terjadi pada punggung superhero, saya pun seperti ikut merasakannya.

     Selain gerakan-gerakan menukik tajam, getaran saat terbang dan tinju-tinju kecil di punggung, fitur 4DX lain yang tak kalah seru adalah angin. Saya seperti ikut berlarian dan melakukan aksi bersama Spiderman dalam mengejar monster alien hingga ke luar angkasa. Getaran dan gerakan kursi serta hembusan-hembusan angin membuat pengalaman tersebut seperti nyata. Pada saat-saat tertentu saya seperti dapat mencium aroma logam terbakar dan kemudian berganti ke tempat yang penuh dengan api. Studio 4DX tidak main-main, bahkan aroma terbakar pun bisa tercium.

     Film Avengers Infinity War ini tidak memiliki banyak scene yang berhubungan dengan air (seingat saya, cuman ada satu scene dan itu pun sangat sebentar) sehingga saya tidak merasakan cipratan-cipratan air yang menjadi salah satu fitur 4DX. Barangkali jika ingin merasakan sensasi cipratan air, saya harus menonton film The Shape of Water atau The Shallows sekalian ya biar basah kuyup, hehe.
Desain Kursi 4DX (Sumber: CGV)


     Total durasi Avengers Infinity War ini sekitar 2,5 jam dan saya tidak merasa bosan sama sekali. Selain karena jalan ceritanya yang seru dan menegangkan, juga karena fitur-fitur dari 4DX ini yang menambah keseruan di dalam bioskop. Memang tidak rugi menonton di 4DX, apalagi film-film action seperti Avengers. Menurut Yuli, selaku Marketing dari CGV PVJ, hari pertama tayang sudah terjual hingga 7000 tiket Avengers Infinity War, 1000 diantaranya adalah tiket untuk CGV 4DX. Tingginya animo masyarakat Bandung membuat CGV PVJ hari ini menayangkan Avengers Infinity War di semua studionya.

Jadi tunggu apalagi, ayo menonton Avengers Infinity War di 4DX CGV Paris van Java atau yang terdekat di kotamu ya!

Akhirnya mencoba 4DX CGV di Paris Pan Java. (dokumen pribadi)


Oleh: Nadia Far (Admin Komunitas FFBComm)

2 komentar:

  1. Website sangaat rapih, artikel berkualitas, keep it up!
    Kunjungi website kami
    Stroke

    BalasHapus
  2. Yuk lihat update film-film terbaru di www.inflixer.com Dijamin uptodate Mantap abis..
    Lihat juga info seputar film kesukaanmu di www.indobakers.com

    BalasHapus