Jumat, Mei 30, 2014

Edge Of Tomorrow, Thriller Fiksi-Ilmiah tentang Invasi Alien


Oleh Ardityo Danoesoebroto, S.Si., M.T.  
(FORUM FILM BANDUNG)

My Rating : 8.1/10
 

Edge of Tomorrow adalah film alien thriller fiksi-ilmiah yang dibintangi Tom Cruise dan Emily Blunt dan disutradarai oleh Doug Liman. Film ini dibuat berdasarkan novel pendek Jepang 'All You Need is Kill' oleh Hiroshi Sakurazaka
 

Film ini menceritakan bahwa Letnan Kolonel Bill Cage (Tom Cruise) adalah seorang perwira militer yang tidak berpengalaman dalam pertempuran, ditempatkan ke misi tempur melawan alien dan bertentangan dengan kehendaknya. meskipun Cage terbunuh dalam hitungan menit dalam pertempuran yang spektakuler yang mirip dengan pembukaan di film Saving Private Ryan (1998). Untuk alasan yang tidak diketahui dia, Cage segera bangun di hari sebelumnya, menghidupkan kembali setiap detail lagi, dan lagi ... dan lagi. Ini terdengar dan mirip seperti film Groundhog Day (1993), di mana karakter Bill Murray kembali hidup di hari yang sama berulang-ulang sampai ia telah belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik, film Edge of Tomorrow adalah seperti Groundhog Day tanpa alien dan perang.


Setelah menemukan dirinya mulai lagi dari awal dalam lingkaran waktu, Cage terbangun dan mengingat peristiwa yang alaminya dia memutuskan untuk belajar lebih baik untuk melawan alien, bersama Rita Vrataski a.k.a Full Metal B*tch (Emily Blunt), Vrataski mementor Cage sampai batas kemampuannya melalui pelatihan intensif dan melelahkan. Setelah kematian tak terhitung jumlahnya, Cage menjadi mesin pertempuran yang super dan mereka berdua mulai percaya bahwa Cage dapat menjadi kunci untuk untuk mengakhiri invasi asing untuk keselamatan manusia.


Ras alien yang menyerang bumi yang selanjutnya akan disebut dengan Mimics, berpenampilan sangat menakutkan dan menyerupai gurita-serangga. Para penonton tidak diberitahu mengapa mereka ada di sini, tetapi pada pertengahan adegan dipaparkan, tidak peduli mengapa mereka di sini, mereka ada di sini sekarang dan itulah yang terpenting dan tidak ada penjelasan yang berbelit-belit yang ada bagaimana mengalahkan mereka itu saja.

Doug Liman sebagai sutradara secara cerdas mengexploitasi aspek "Terulang kembalinya hari" tanpa membuatnya rumit dan tidak menjadi bosan dengan memasukkan beberapa momen pertempuran manusia dengan alien yang berkualitas dan juga memasukkan drama cinta antara Tom Cruise dan Emilly Blunt. Alur cerita film sangat kuat dan tidak pernah kehilangan dirinya, akting dari Cruise dan Blunt adalah baik, penuh chemistry dan benar-benar epik, casting lain juga termasuk Bill Paxton, Brendon Gleeson dan bahkan aktor Australia Noah Taylor dan Kick Gurry memberikan penampilan dan kinerja yang sangat baik pula.



Efek visual benar-benar top notch, urutan set-laga yang terkoreograf dengan sangat baik dan bahkan tegang di menit pertama pembukaan film. Alien/Mimics yang mereka melawan, bentuk dan penampilannya benar-benar luar biasa.

Film Edge Of Tomorrow secara efektif menggabungkan time-travel dan laga, untuk mereka yang menyukai film dengan cerita repeating timeline atau time loops, seperti Groundhog Day, Source Code, atau Butterfly Effect, film ini cocok untuk anda.  




,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar